stress pada masa hamil

Stres oksidatif pada saluran napas diduga berperan dalam patogenesis asma dengan cara menimbulkan kerusakan epitel saluran napas, menimbulkan proses peradangan dan hiperresponsif bronkial (BHR). Walaupun antioksidan seperti glutathione (GSH) memberikan perlindungan terhadap reactive oxygen species yang ditimbulkan oleh sel-sel inflamasi di saluran napas pasien asma, namun antioksidan yang ada mungkin kurang memberikan perlindungan maksimal apabila asupan antioksidan dalam makanan sehari-hari tidak adekuat atau jika beban oksidan meningkat akibat polutan udara atau akibat metabolit obat. Paracetamol (PCT)/acetaminophen merupakan sumber stres oksidatif potensial dengan menghasilkan metabolit reaktif N-acetyl-p-benzoquinoneimine. Pada studi dengan hewan percobaan, PCT dosis toksik menyebabkan kerusakan oksidatif pada epitel saluran napas dan dapat “menghabiskan” GSH dalam paru-paru. Dari studi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan PCT yang sering pada individu yang peka, dapat menyebabkan stres oksidatif pada saluran napas manusia dan memperbesar gejala-gejala asma.

Beberapa studi mengenai hubungan antara penggunaan PCT pada tahun pertama kehidupan dengan risiko asma dan penyakit atopi lainnya pada masa kanak-kanak telah dilakukan dan dari studi-studi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan PCT pada tahun pertama kehidupan meningkatkan risiko asma pada masa kanak-kanak. Berikut ini kami sampaikan beberapa studi mengenai hubungan antara penggunaan PCT pada masa kehamilan dengan risiko asma pada anak.

1.Studi paparan PCT pada masa prenatal dan gejala-gejala respiratorik pada tahun pertama kehidupan anak.

Tujuan : untuk mengetahui hubungan antara paparan PCT in utero dengan insidens gejala-gejala respiratorik pada tahun pertama kehidupan anak.

Metode :
345 wanita hamil trimester I terlibat dalam studi ini dan dilakukan follow-up hingga anak berusia 1 tahun.
Penggunaan PCT pada masa kehamilan yang berhubungan dengan insidens gejala-gejala respiratorik diketahui dari kuosioner.

Hasil :
Penggunaan PCT pada pertengahan masa kehamilan hingga masa kehamilan lanjut berhubungan dengan gejala mengi secara signifikan (odd ratio (OR) 1,8; 95% confidence interval (CI) 1,1-3,0) dan terhadap gejala mengi yang mengganggu saat anak tidur (OR 2,1; 95% CI 1,1-3,8) pada tahun pertama kehidupan anak setelah dilakukan kontrol terhadap faktor-faktor pengganggu.

Kesimpulan :
• Penggunaan PCT pada pertengahan masa kehamilan hingga masa kehamilan lanjut tampaknya berhubungan dengan gejala-gejala respiratorik pada tahun pertama kehidupan anak.
• Follow-up lanjutan diperlukan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan PCT pada masa kehamilan dan pada masa kanak-kanak awal dengan insidens asma pada anak usia 3-5 tahun, dimana pada usia tersebut diagnosis asma dapat ditegakkan dengan lebih pasti.
2.Studi paparan PCT pada masa prenatal dan risiko mengi serta asma pada anak.

Tujuan : untuk mengetahui apakah paparan PCT pada masa prenatal berhubungan dengan risiko asma atau mengi pada masa kanak-kanak awal.

Metode :
• Informasi mengenai penggunaan PCT selama masa kehamilan dan keikutsertaan dalam interview saat anak yang dilahirkan berusia 18 bulan berasal dari 66.445 wanita dari the Danish National Birth Cohort.
• Juga melibatkan 12.733 wanita yang anaknya berusia 7 tahun dengan perkiraan prevalensi diagnosis asma dan mengi pada usia 18 bulan dan 7 tahun.
• Para peneliti menghubungkan populasi diatas dengan the Danish NationalHospitalRegistry untuk mencatat seluruh perawatan di RS terkait dengan asma pada anak dengan usia hingga 18 bulan.
Hasil :
• Penggunaan PCT kapan saja selama masa kehamilan berhubungan dengan sedikit peningkatan risiko asma atau bronchitis pada anak usia 18 bulan namun bermakna secara statistik [relative risk (RR) = 1,17; 1,13–1,23)], dengan perawatan di RS terkait dengan asma pada anak dengan usia hingga 18 bulan (hazard ratio = 1,24; 1,11–1,38) dan dengan diagnosis asma pada anak usia 7 tahun (RR = 1,15; 1,02–1,29).
• Risiko tertinggi terlihat pada penggunaan PCT selama kehamilan trimester pertama dengan gejala mengi persisten (gejala mengi pada anak usia 18 bulan dan 7 tahun) (RR = 1,45; 1,13–1,85).
Kesimpulan :
Penggunaan PCT selama masa kehamilan berhubungan dengan peningkatan risiko asma dan gejala mengi pada masa kanak-kanak. Jika hubungan ini merupakan hubungan timbal balik, maka mungkin perlu dipertimbangkan penggunaan PCT selama masa kehamilan pada praktek klinis.
3.Studi paparan PCT pada masa prenatal dan risiko asma serta peningkatan Ig E pada masa kanak-kanak.

Tujuan : untuk mengetahui apakah penggunaan PCT pada masa kehamilan lanjut berhubungan dengan peningkatan risiko asma, gejala mengi dan manifestasi atopik lainnya pada anak usia sekolah.
Metode :
• Pada populasi berdasarkan Avon Longitudinal Study of Parents and Children, para peneliti menilai hubungan antara penggunaan PCT dan aspirin pada masa kehamilan lanjut (20-32 minggu) dengan asma, hayfever, eksema (n=8511) dan gejala mengi (n=8381) pada anak usia 69-81 bulan, dan dengan atopi (positive skin prick test terhadap Dermatophagoides pteronyssinus, kucing atau rumput-rumputan, n=6527) dan Ig E total dalam darah (n=5184) pada anak usia 7 tahun.
• Menggunakan logistic and linear regression untuk menganalisis binary outcomes and log-transformed IgE secara berturut-turut, untuk mengontrol faktor-faktor pengganggu potensial.
Hasil :
• Penggunaan PCT pada masa kehamilan lanjut, positif berhubungan dengan asma (Odds Ratios (ORs), dimana pada anak-anak yang ibunya mengkonsumsi PCT ‘kadang-kadang’ dan ‘hampir setiap hari’ dibandingkan dengan anak-anak yang ibunya tidak pernah mengkonsumsi PCT memiliki OR 1,22 (95% confidence interval (CI) : 1,06–1,41) dan 1,62 (95% CI : 0,86–3,04) secara berturut-turut; P trend=0,0037, gejala mengi memiliki ORs 1,20 (95% CI : 1,02–1,40) dan 1,86 (95% CI : 0,98–3,55), secara berturut-turut; P trend=0,011, dan Ig E total memiliki geometric mean ratios 1,14 (95% CI : 1,03–1,26) dan 1,52 (95% CI : 0,98–2,38), secara berturut-turut; P trend=0.0034).
• Proporsi asma terhadap penggunaan PCT pada masa kehamilan lanjut, dengan menggunakan hubungan kausal, sebesar 7%.
Kesimpulan : paparan PCT pada masa kehamilan lanjut dapat menyebabkan asma, gejala mengi dan peningkatan Ig E pada anak usia sekolah.

4.Studi penggunaan PCT pada masa kehamilan dan gejala mengi pada masa kanak-kanak awal.

Metode :
• Pada populasi berdasarkan Avon Longitudinal Study of Parents and Children (ALSPAC), para wanita diwawancarai sebanyak 2x selama masa kehamilan (pada minggu ke 18-20 dan minggu ke-32) mengenai penggunaan PCT dan aspirin.
• 6 bulan setelah melahirkan, dan setiap tahun setelahnya, para ibu tersebut diwawancarai mengenai gejala mengi dan eksema pada anak-anak mereka.
• Dilakukan penilaian terhadap efek penggunaan PCT dan aspirin pada masa kehamilan terhadap risiko gejala mengi pada anak usia 30-42 bulan (n=9400) dan eksema pada anak usia 18-30 bulan (n=10.216) dan terhadap risiko pola gejala mengi yang berbeda (dijelaskan dengan ada/tidaknya gejala mengi pada anak usia < 6 bulan dan pada usia 30-42 bulan).
Hasil :
• PCT sering dikonsumsi (hampir setiap hari) hanya oleh 1% wanita.
• Setelah dilakukan pengontrolan terhadap faktor-faktor yang dapat mengganggu, penggunaan PCT yang sering pada masa kehamilan lanjut (20-32 minggu) berhubungan dengan peningkatan risiko gejala mengi pada anak usia 30-42 bulan (adjusted OR dibandingkan dengan yang tidak menggunakan PCT adalah 2,10 [95% CI 1,30-3,41]; p=0,003), terutama jika gejala mengi timbul sebelum usia 6 bulan (OR 2,34 [95% CI 1,24-4,40]; p=0,008).
• Dengan menggunakan hubungan kausal, hanya sekitar 1% gejala mengi pada usia 30-42 bulan yang berhubungan dengan paparan PCT.
• Penggunaan PCT yang sering pada masa kehamilan tidak berhubungan dengan peningkatan risiko eksema.
• Penggunaan aspirin yang sering pada masa kehamilan berhubungan dengan peningkatan risiko gejala mengi hanya pada anak usia < 6 bulan.
Kesimpulan : penggunaan PCT yang sering pada masa kehamilan lanjut dapat meningkatkan risiko gejala mengi pada anak, walaupun efek tersebut hanya dapat menjelaskan sekitar 1% dari prevalensi populasi dengan gejala mengi pada masa kanak-kanak awal.

0 comments: