Piring Bekas Makan Bisa Bikin Efek Kenyang

Setiap kali Anda menyelesaikan makan besar, pastikan Anda melihat lekat-lekat piring dan minuman yang Anda baru saja pakai. Bahkan kalau bisa, tumpuk semuanya pada satu tempat dan bayangkan berapa banyak makanan yang sudah masuk ke dalam saluran pencernaan Anda.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Cornell University, itu adalah cara ampuh untuk membuat Anda cepat kenyang. Percobaan dilakukan dengan meminta sekelompok orang menumpuk piring-piring bekas makannya di tempat yang mudah dilihat. Hasilnya, 28 % responden merasa lebih cepat kenyang ketika piring dan gelas bekas makannya dibiarkan di meja makannya.

Responden mengaku, dengan menyaksikan sendiri berapa banyak tumpukan piring yang digunakan untuk menyajikan makanan, responden jadi tidak berselera makan. Meskipun pada saat itu, mereka masih menyimpan sedikit rasa lapar. Hal ini berbeda jauh dengan kelompok yang meja makannya selalu dibersihkan sesaat setelah piring mereka selesai digunakan. “Tumpukan piring menjadi ‘bukti’ visual bagi diri Anda, sehingga Anda merasa malu terhadap apa yang Anda makan,”ucap Brian Wansink, PhD, yang merupakan direktur Cornell’s Food dan Brand Lab dan juga penulis buku Mindless Eating.

0 comments: