Wanita Butuh Nutrisi Banyak

Untuk menjaga kebugaran fisik dan kesehatannya, wanita membutuhkan nutrisi lengkap. Berdasarkan Indonesia Health Profile 2005 yang dilaporkan oleh Departemen Kesehatan RI, 80 persen penderita osteoporosis dan anemia adalah wanita.

Beberapa gangguan kesehatan yang umum di alami wanita, yaitu :


MUDAH LELAH

Metabolisme wanita lebih lambat dari pada pria. Basal metabolic rate ( tingkat metabolisme pada kondisi istirahat ) pria 10 persen lebih tinggi dibandingkan dengan wanita. Karena itu, wanita cenderung lebih banyak mengubah makanan menjadi lemak, sedangkan pria lebih banyak mengubah makanan menjadi otot dan cadangan energi siap pakai.

Itu sebabnya pria cenderung lebih kuat dan lebih mampu melakukan pekerjaan berat. Hal ini pula yang menyebabkan wanita lebih mudah lelah bila melakukan pekerjaan fisik. Karenanya, wanita membutuhkan lebih banyak vitamin B kompleks yang berperan sebagai koenzim dalam memperlancar proses metabolisme
RAWAN OSTEOPOROSIS

Risiko osteoporosis (keropos tulang) sangat tinggi pada wanita, apalagi setelah menopouse. Hal ini karena pria memiliki massa tulang lebih tinggi serta tidak secepat wanita dalam proses perombakan kalsium tulang.

Inilah mengapa wanita membutuhkan zat-zat pembentuk tulang lebih banyak daripada pria, seperti kalsium dan vitamin D.
RISIKO ANEMIA

Risiko anemia pada wanita lebih tinggi dibandingkan pria. Penyebabnya, faktor menstruasi, masa kehamilan dan menyusui, serta proses melahirkan. Bila dibiarkan, kondisi anemia akan mengakibatkan darah tidak mampu mengangkut oksigen, sehingga tubuh jadi lemas, kurang bertenaga, dan bisa tidak sadarkan diri.

Itu sebabnya wanita perlu teratur mengkonsumsi zat penambah darah seperti zat besi (fe Fumarate), asam folat (folid acid) dan vitamin B 12.
PENUAN DINI

Kaum wanita pada umumnya sangat mementingkan penampilan dan kulitnya. Ironisnya kulit wanita yang lebih halus dan indah ketimbang pria, justru lebih mudah rusak dan lebih cepat menua. Dari hasil penelitian terhadap efek kerusakan akibat sinar ultra violet (UV), ditemukan bahwa kulit wanita lebih cepat berkurang elastisitasnya dan lebih mudah berkerut dibandingkan kulit pria.

Kondiasi ini sering diperburuk oleh penggunaan kosmetika yang kurang cocok dengan kulit. Penuaan dini akan membuat penampilan wanita lebih tua dibandingkan usia sesungguhnya. Karena itu, wanita butuh nutrisi seperti antioksidan dari golongan vitamin A ,C,dan E.

Selain melalui asupan makanan sehari-hari, pasokan nutrisi tersebut dapat didapatkan dari suplemen yang tepat sesuai kebutuhan



0 comments: