Merawat Gigi Saat Hamil Sangat Penting

Para calon ibu tidak dapat menolak berbagai macam perubahan yang terjadi pada tubuh mereka, termasuk mulut. Pemeliharaan kebersihan mulut yang baik sangat diperlukan, karena pada masa kehamilan peningkatan hormon dapat penyebab sering terjadinya masalah-masalah pada gigi dan gusi.

Salah satu masalah gigi yang paling umum terjadi adalah peradangan gusi selama kehamilan atau pregnancy gingivitis dan biasa terjadi pada trimester pertama. Gejalanya bisa berupa gusi yang berdarah. Bengkak, merah, dan lunak.

Selain itu, menjaga kebersihan mulut selama mengandung juga penting untuk si janin. Beberapa peneliti menyatakan periodontitis, penyakit gusi yang parah, dapat menjadi penyebab terjadi bayi prematur dan berat badan kelahiran yang kecil.

Berikut tip yang bisa membantu para calon ibu untuk bisa tetap memelihara kesehatan mulut mereka:

Lakukanlah pemeriksaan rutin dan pembersihan gigi ke dokter. Cara ini merupakan langkah tepat untuk memastikan mulut kita dalam kondisi yang sehat.
Sikat gigi dua kali sehari untuk menghilangkan segala plak yang menempel.
Bersihkan gigi dari sisa-sisa makanan pada sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi dengan dental floss atau benang gigi setiap hari.
Gunakan obat kumur anti bakteri untuk mencegah terjadinya gingivitis.
Jangan lupa untuk membersihkan lidah dari bakteri dengan sikat gigi atau alat khusus pembersih lidah.
Penuhi tubuh dengan asupan sehat dan kaya nutrisi.
Para calon ibu, tetap menjaga kesehatan Gigi untuk kepentingan bayi Anda.





0 comments: