TV Mengganggu perkembangan Bahasa Bayi

Para peneliti mengatakan, lebih banyak waktu menonton televisi berarti lebih sedikit waktu belajar untuk berbicara.

Sebuah studi di Amerika menentang klaim yang mengatakan bahwa DVD dengan target bayi bermanfaat untuk mereka. Televisi mengurangi interaksi verbal antara orang tua dan bayi, yang dapat menunda pengembangan bahasa anak-anak. Studi ini dipublikasikan di dalam Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine edisi Juni 2009.

Para peneliti mempelajari 329 anak-anak, usia 2 bulan sampai 48 bulan, dan menemukan bahwa untuk setiap jam tambahan menonton televisi, ada penurunan sebesar 770 kata (7 persen) mendengar dari orang dewasa oleh anak-anak. Studi ini juga menemukan bahwa lebih banyak waktu menghabiskan untuk menonton televisi, semakin sedikit suara yang didengar bayi ketika orang tuanya berbicara kepada mereka.

"Beberapa kemungkinan penurunan karena anak-anak yang dibiarkan sendiri di depan layar televisi, tetapi yang lain mungkin mencerminkan situasi di mana orang dewasa, meskipun hadir, terganggu oleh layar TV dan tidak berinteraksi visual dengan bayi," menurut Dr Dimitri A. Christakis, dari Seattle Children's Hospital, dan rekan-rekannya.

"Pada awalnya temuan-temuan ini tampaknya intuitif sepenuhnya. Namun, temuan-temuan ini harus diinterpretasikan dengan fakta bahwa penyedia DVD untuk bayi mengklaim produk mereka dirancang untuk memberikan kesempatan pada anak-anak dan orang tua untuk berinteraksi dengan satu sama lain, sebuah pernyataan yang tidak terbukti secara empiris".


Para peneliti menambahkan bahwa hasil penelitian mereka dapat membantu menjelaskan hasil temuan sebelumnya yang melihat hubungan antara televisi dan penundaan pengembangan bahasa.

"Mengingat peran penting para pengasuh dewasa dalam pengembangan bahasa anak-anak, termasuk saat mereka berbicara kepada anak-anak mereka sementara pada layar TV menyala adalah hal kritis dan menjelaskan dampak terkait konten atau jumlah tontonan televisi," tim wrote. "Artinya, apakah orang tua berbicara kurang (atau tidak sama sekali) selama beberapa jenis program atau pada beberapa kali dalam sehari mungkin sama pentingnya dalam kelompok anak umur ini mengenai apa yang sedang ditonton."





0 comments: