Kehamilan Lewat Waktu

Kehamilan umumnya berlangsung 40 minggu atau 280 hari dihitung dari hari pertama haid terakhir. Namun sekitar 4 - 14 % atau rata-rata 10 % kehamilan akan berlangsung sampai 42 minggu atau lebih. Angka ini bervariasi dari beberapa peneliti tergantung kriteria yang dipakai.
KLB mempunyai hubungan erat dengan mortalitas, morbiditas perinatal maupun makrosomia. Sedangkan risiko bagi ibu dengan KLB dapat berupa perdarahan post partum maupun tindakan obstetrik yang meningkat
Defenisi
Kehamilan Lewat Bulan, disebut juga kehamilan serotinus, kehamilan lewat waktu, prolonged pregnancy, postterm pregnancy, extended pregnancy, postdate / pos datisme atau postmaturitas adalah :
Kehamilan yang berlangsung sampai 42 minggu ( 294 hari ) atau lebih , dihitung dari hari pertama haid terakhir menurut rumus Naegele dengan siklus haid rata-rata 28 hari.. ( WHO 1977, FIGO 1986 )
Postmaturitas dipakai sbg sinonim dismaturitas, yg sebenarnya hal ini tidak tepat. Postmaturitas merupakan diagnosis waktu yg dihitung menurut rumus Naegele, sebaliknya dismaturitas hanya menyatakan kurang sempurnanya pertumbuhan janin dlm kandungan akibat plasenta yg tdk berfungsi dengan baik, sehingga janin tidak tumbuh seperti biasa, keadaan ini dapat terjadi pada beberapa keadaan seperti hipertensi, preeklampsia, gangguan gizi maupun pada KLB sendiri.

Sebab Terjadinya Kehamilan lewat Bulan

0 comments: