Vaksinasi Hepatitis B Melindungi terhadap Kanker Hati

Menurut penelitian baru, vaksinasi pada saat kelahiran terhadap virus hepatitis B, sangat mengurangi risiko kanker hati di masa dewasa. Temuan ini dipublikasikan dalam Journal of National Cancer Institute edisi online 16 September 2009.

Dalam 20 tahun penelitian yang diikuti bayi yang divaksinasi terhadap penyakit hati di Taiwan mulai tahun 1984, ketika program vaksinasi universal mulai diberlakukan, Dr Mei-Hwei Chang, dari Department of Pediatrics di National University Hospital di Taiwan Taipei, dan koleganya mengamati orang-orang muda yang telah mengalami kanker hati.

Para peneliti menemukan bahwa hanya beberapa orang yang telah divaksinasi akan mengalami kanker hati, dan ada kemungkinan penjelasan dalam kebanyakan kasus, seperti tidak cukup dosis vaksin.


Para penulis menyimpulkan bahwa data ini menunjukkan bahwa efektivitas universal virus hepatitis B pada program imunisasi untuk mencegah kanker hati, telah melampaui masa kanak-kanak dan menjadi dewasa muda selama dua dekade.

Di Amerika Serikat, vaksinasi hepatitis B dianjurkan untuk semua bayi, anak-anak dan remaja jika mereka belum diberi vaksin sebelumnya. Pejabat merekomendasikan agar orang dewasa mendapatkan vaksinasi jika mereka berisiko terkena kanker hati. Info lebih lanjut bisa mengunjungi situs US Centers for Disease Control and Prevention.




0 comments: