Testosteron Mempengaruhi Perjalanan Karier Wanita

Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang memiliki kadar hormon laki-laki yang lebih tinggi akan mengalami lebih banyak risiko. Dalam studi ini, kadar testosteron lebih tinggi mungkin membuat beberapa wanita lebih cenderung memilih karir bidang keuangan yang berisiko tinggi.

Paola Sapienza, profesor di Kellog School of Management di Northwestern University mengatakan bahwa secara umum, perempuan lebih menghindari risiko daripada pria ketika datang untuk membuat keputusan finansial yang penting, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi pilihan karir mereka. Sebagai contoh, dalam sampel mereka menetapkan, 36 persen mahasiswa MBA perempuan memilih karir keuangan risiko tinggi seperti perbankan investasi atau perdagangan, dibandingkan dengan 57 persen dari siswa laki-laki. Para penelit ingin menyelidiki apakah perbedaan gender ini berkaitan dengan testosteron, yang laki-laki, rata-rata, dalam konsentrasi yang lebih tinggi daripada wanita.

Untuk studi ini, Sapienza dan koleganya mengukur kadar testosteron dalam sampel air liur yang dikumpulkan dari sekitar 500 mahasiswa MBA di University of Chicago Booth School of Business. Para siswa juga ambil bagian dalam percobaan untuk menentukan hubungan antara kadar testosteron dan keengganan risiko.

Kadar testosteron yang lebih tinggi dikaitkan dengan selera risiko yang lebih besar pada wanita, tetapi tidak pada pria. Tapi pada wanita dan laki-laki dengan kadar testosteron yang serupa, tidak ada perbedaan gender dalam pengambilan risiko.

Para peneliti juga menemukan bahwa hubungan antara risiko penolakan dan testosteron memprediksi pilihan karier pasca kelulusan. Mereka yang memiliki kadar testosteron tinggi dan rendah penolakan risiko lebih cenderung masuk ke karier keuangan yang berisiko tinggi.

Rekan penulis studi, Dario Maestripieri, seorang profesor bidang comparative human development di University of Chicago menjelaskan bahwa ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa perbedaan gender dalam penghindaran risiko keuangan memiliki dasar biologis, dan perbedaan dalam kadar testosteron antara individu dapat mempengaruhi aspek-aspek penting dari perilaku ekonomi dan keputusan-keputusan karier. Efek testosteron pada penghindaran risiko, paling kuat untuk individu dengan kadar testosteron rendah atau menengah, mirip dengan apa yang telah ditampilkan untuk efek testosteron pada kognisi spasial.




0 comments: