Alkohol Plus HIV Membuat Lupa Ingatan

Infeksi HIV dan kebiasaan minum alkohol dapat mengakibatkan gangguan daya ingat jangka pendek hingga dua kali lipat. Hal itu berdasarkan temuan penelitian baru.

Penelitian tersebut, diterbitkan dalam versi internet edisi perdana mengenai Alkoholisme: Clinical and Experimental Research, menemukan bahwa lebih dari separuh pasien HIV di klinik itu juga adalah peminum alkohol berat dan mereka tampak lebih bermasalah dengan daya ingat jangka pendek, sementara daya ingat jangka panjang tampak tidak terpengaruh.


“Hasil menunjukkan bahwa orang mampu menahan informasi untuk beberapa saat, yang memberi kesan bahwa tetap dapat mengingat informasi, sementara skor daya ingat secara segera adalah lebih rendah, memberi kesan bahwa kesulitan tersebut terkait dengan kemampuan untuk belajar, atau mengenali, informasi,” penulis penelitian Edith V. Sullivan, dosen fakultas psikiatrik dan ilmu pengetahuan perilaku di Fakultas Kedokteran Universitas Stanford mengatakan dalam siaran pers yang diterbitkan oleh penerbit jurnal.

Ketidakmampuan untuk belajar dapat mempengaruhi banyak aspek kehidupan seseorang, termasuk rutinitas agar patuh pada pengobatan yang membantu melawan HIV, Sara Jo Nixon, dosen fakultas psikiatrik di Universitas Florida mengatakan dalam siaran pers yang sama. Strategi untuk menolong pasien tersebut perlu diterapkan, dia menambahkan.



0 comments: